Beberapa Masalah Belajar Dan Cara Mengatasinya

Masalah belajar yang dialami seorang peserta didik perlu di ketahui sejak dini, agar bantuan untuk mengatasi maslah belajar tersebut bisa teratasi dengan baik dan tepat. Kesulitan belajar adalah suatu keadaan yang di alami peserta didik dimana dia kesulitan dalam menguasai sebuah poses pembelajaran, berikut adalah kasus masalah belajar yang terjadi pada seorang peserta didik :

  1. Masalah pada pemahaman bahasa

Masalah ini berupa kesulitan seorang peserta didik dalam memahami pembicaraan seseorang, mengatur kata saat akan mengungkapkan ide dan kemampuan mengatur bahasa yang tepat dan efektif untuk berkomunikasi

  1. Masalah pada daya ingat

Masalah ini berupa hambatan seorang peserta didik dalam memasukkan suatu materi materi pembelajaran dalam memori ingatan di otaknya. Sehingga peserta didik tersebut harus membaca atau memahami suatu materi secara berulang ulang agar ia bisa mengingat materi tersebut

  1. Masalah pada perhatian

Masalah ini terjadi karena adanya stimulus baru yang datang kepada peserta didik saat seorang pendidik sedang memberikan stimulus kepadanya, akibatnya stimulus materi pelajaran yang di sampaikan oleh pendidik tidak bisa terserap dengan baik oleh peserta didik

  1. Masalah pada kognisi atau berfikir

Masalah ini berkaitan dengan masalah peserta didik dalam berpifikir untuk menganalisis, merencanakan, dan mengatur hal yang di perlukan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapinya

  1. Masalah pada sosial dan emosi

Masalah adalah dimana pererta didik mengalami kesulitan pada kepercayaan diri sehingga mengarah pada perilaku adaptasi yang salah.

Stategi yang tepat untuk mengatasi beberapa masalah dalam belajar diatas antaranya sebagai berikut:

  1. Mengatasi masalah pada pemahaman bahasa
  • Mengarahkan peserta didik untuk membiasakan membaca agar peserta didik dapat menemukan bahasa-bahasa baru
  • Menyampaikan materi kepada peserta didik dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik dan tidak menyampaikan materi dengan tergesa-gesa
  • Membuat suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif agar peserta didik dapat belar untuk mengungkapkan pendapatnya
  1. Mengatasi masalah pada daya ingat
  • Menyampaikan materi pelajaran dengan memberikan penekanan pada materi yang harus diingat-ingat oleh peserta didik
  • Mengulang-ulang materi yang disampaikan agar peserta didik dapat teringat dengan baik materi yang disampaikan
  • Menumbuhkan perhatian peserta didik sengan membuat suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.
  • Membiasakan peserta didik untuk mencatat materi di buku catatan
  • Mengadakan sistem pre-test dan post-test
  1. Mengatasi masalah pada perhatian
  • Adakan pertemuan tatap muka dengan para peserta didik
  • Mengadakan sistem post-test dan pre-test untuk mengetahui seberapa tinggi perahatian siswa dalam menyimak materi pelajaran
  • Memberikan suasana belajar yang menyanangkan dan tidak membosankan
  • Memberikan ice-breaking pada saat pembelajaran mulai terasa membosankan
  1. Mengatasi masalah pada kognisi atau berfikir
  • Membiasakan peserta didik untuk berusaha memecahkan masalah denagn memberikan tugas yang di kaitka dengan masalah yang benar-benar terjadi di lingkungan
  • Membuat sistem penghargaan
  • Membuat suasanan yang kondusif, tenang untuk berfikir
  • Menyampaikan materi dengan cara yang mudah di terima
  1. Mengatasi masalah pada sosial dan emosi
  • Menciptakan suasan belajar yang interaktif sehingga melatih peserta didik untuk berani bertanya maupun menyatakan pendapatnya
  • Memberikan perhatian kepada peserta didik tersebut agar peserta didik tesebut perkembangan emosinya terarah dengan baik
  • Sering memberikan pengarahan yang baik

Demikian artikel dari beberapa masalah belajar yang dialami para peserta didik dan bagaimana cara mengatasinya.

by : Irfan Naufal / 1102416032

Tinggalkan komentar