Manfaat Game Edukasi Untuk Pembelajaran

Siapa sih yang tidak tahu “game” ? Pasti semua orang di dunia ini baik muda dan lanjut usia, pasti tahu apa itu game. Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin, seiain itu game juga bisa sebagai media untuk merefresh otak setelah jenuh bekerja atau belajar.

Di era yang semakin modern ini, media pendukung pembelajaran semakin berfariasi bentuk-bentuknya, salah satunya adalah berupa game edukasi yang berbasis android. Game- game edukasi ini sangat banyak di apps store android, sehingga kita bisa bebas memilih mana game yang kita sukai dan bisa kita mainkan di smartphone kita kapanpun dan dimanapun. Walaupun sekarang sudah banyak game edukasi mobile yang beredar, tapi efektifkan media pembelajaran game edukasi tersebut mendukung pembelajaran para peserta didik? Maka dari itu, pada artikel ini, saya akan membahasa, bagaimana manfaat game edukasi mobile ini untuk mendukung peserta didik.

  1. Konsentasi

Game edukasi memiliki macam-macam tipe tergantung dari developer game tersebut ingin membuat tipe game seperti apa, dan salah satu dari tipe game edukasi ini pasti ada yang bertipe game yang melatih konsetrasi. Cotohnya seperti game sederhana berupa penjumlahan yang di beri waktu hanya 3 detik untuk menjawabnya, game terebut sangat sederhana, tapi memiliki cara yang bagus untuk melatih konsentrasi para pemainnya, game seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk para peserta didik, karena peserta didik aka terlatih untuk bisa konsentrasi dengan tugas yang sedang ia kerjakan dengan baik.

  1. Proses belajar jadi menyenangkan

Sudah pasti, game memang adalah media yang dapat memberikan rasa senang pada penggunanya, begitu juga game edukasi. Dengan tamilan game edukasi yang menarik, serta cara penggunaan yang mudah di pahami, tema yang diambil juga menarik pasti akan memberikan proses belajar yang menyenangkan untuk para peserta didik. contohnya seperti permainan duel otak, atau game edukasi Si cerdik yang dikembangkan oleh BPMPK sebagai game edukasi resmi yang dibuat oleh badan pemerintan yang melibatkan guru dan dosen dalam proses pembuatan isi materi game tersebut.

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Dengan permainan game edukasi yang memiliki fitur untuk bisa berkomunikasi dengan user/pemain lain, game edukasi akan berdampak positif untuk perkembagan kemampuan komunikasi para peserta didik.

Nah, tadi itu manfaat dari game edukasi yang sangat baik untuk mendukung para peserta didik dalam proses belajar dan perkembangannya. Walaupun memiliki manfaat yang bagus untuk mendukung pembelajaan dan perkembangan  peserta didik, game edukasi juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  1. Tidak semua materi bisa dimasukkan

Dalam game edukasi semua materi pembelajaran tidak bisa di masukkan, karena jika di masukkan semua materi pelajaran ke dalam game edukasi, game edukasi tersebut akan berubah menjadi membosannkan, maka dari itu, hanya poin-poin penting yang ada di sebuah materi pelajaran saja yang bisa masuk dan di jadikan seuah game edukasi untuk menunjang pembelajaran para peserta didik.

  1. Tidak mudah dalam membuatnya

Dalam membuat game edukasi yang benar-benar menarik tidak lah mudah, karena kita harus merencanakan dengan matang materi apa yang akan di masukkan, dan bagaimana mengatur tampilan game edukasi tersebut bisa semenarik mungkin untuk para pemainnya

Demikian pembahasan artikel tentang manfaat dari game edukasi untuk pembelajaran. jadi kesimpulannya, game edukasi memang sangat bermanfaat untuk mendukung proses belajar para peserta didik, terutama yang ada pada jenjang sekolah dasar hingga jenjang sekolah menenga. namun dalam pemakaian game edukasi ini juga tidak boleh berlebihan hingga melupakan tugas-tugas utama dari para peserta didik untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan kepada mereka.

by : Irfan Naufal / 1102416032

Tinggalkan komentar